POPULAR Entertainment

Dukung Kelestarian Budaya, Danramil Klungkung Hadiri Pagelaran Kesenian Bersama

Kantorberita.co.id – Kab. Klungkung-  Bali, Danramil 1610-01/Klungkung menghadiri kegiatan pagelaran bersama Sanggar Seni Kayonan dan Perkumpulan 8 Komunitas Sanggar Seni dari Daerah Purwakarta Jawa Barat, Sabtu (02/07/22) malam.

Kegiatan yang digelar di Altar Areal Pemedal Agung Klungkung, Kelurahan Semarapura Klod, kecamatan Klungkung tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dalam sambutannya, Bupati Klungkung menyampaikan kesenian yang ada di tanah Bali dan tanah Jawa sejatinya tidak bisa dipisahkan. Bukan tanpa alasan, kesenian yang ditampilkan Bali dan Jawa memiliki keterikatan baik dalam karakter maupun lakon.

Pagelaran bersama sanggar seni yang mengusung tema ”Merajut Kebersamaan dan Rasa Persahabatan Melalui Kesenian”, kali ini merupakan suatu cipta rasa karsa yang tertuang dalam berkesenian untuk meniti jati diri sebagai anak negeri yang menghargai peninggalan para leluhur yang berbudaya adi luhung, “pungkasnya.

Sementara itu Danramil 1610-01/Klungkung Kapten Caj I Putu Suteja Gunawan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk melestarikan seni budaya serta dapat menjadi wahana dalam bertukar ilmu seni kebudayaan demi menumbuh kembangkan seni kebudayaan daerah.

Terpisah Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menambahkan seni budaya merupakan salah satu sarana komunikasi untuk membangun semangat kebersamaan lintas daerah.

Melalui pagelaran seni lintas daerah seperti ini, tentunya akan semakin mengembangkan seni tradisi dengan memberikan wawasan bagi penggiat seni sehingga nantinya akan semakin memperkaya khazanah seni di nusantara, “terangnya.

Dengan pagelaran ini, dirinya berharap akan menjadi momentum untuk menguatkan silaturahmi budaya antar penggiat seni baik di daerah, provinsi, bahkan nusantara dalam rangka melestarikan seni budaya nusantara serta merajut kebersamaan dan rasa persahabatan melalui kesenian demi persatuan dan kesatuan NKRI, “pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.