Culture National POPULAR Trending

Malam 1 Suro, Tahun Baru Jawa yang Bersamaan dengan Muharram. Inilah Sejarahnya

Kantorberita.co.id | Malam 1 Suro bersamaan dengan jatuhnya tanggal 1 Muharram atau Tahun Baru Islam. Berikut sejarah lengkap malam satu Suro. Hari apa malam 1 Suro? Hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 karena bertepatan dengan 1 Muharram. Berikut informasi selengkapnya.

Ada Apa dengan Malam 1 Suro? Malam 1 Suro merupakan perwujudkan akulturasi dalam sistem kalender. Dikutip dari buku ‘Sejarah’ terbitan Yudhistira, kalender baru itu mulai berlaku pada tanggal 8 Juli 1633 bertepatan dengan 1 Muharram 1403 H. Oleh karena itu, keistimewaan malam 1 Suro adalah bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Kemudian, kalender Jawa disesuaikan dengan nama-nama bulan dalam tahun Hijriyah.

Arti Malam Satu Suro bagi Orang Jawa Melansir buku ‘Adiluhung’ terbitan Danista Perdana, perayaan malam 1 Suro pada masyarakat Jawa di Surakarta dilakukan dengan membawa kebo bule (kerbau putih) dalam arakan kirab. Kehadiran kerbau itu menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat.

Kemudian, bila di Yogyakarta, malam 1 Suro dirayakan dengan membawa benda-benda pusaka, seperti keris dalam arak-arakan kirab. Tradisi ini menitikberatkan pada ketentraman batin dan keselamatan sehingga diselingi doa dalam ritualnya.

Note :

( Artikel ini telah tayang di www.inews.id¬†dengan judul ” Sejarah Malam 1 Suro, Tahun Baru Jawa yang Bersamaan dengan Muharram “, Klik untuk baca:¬†https://www.inews.id/news/nasional/sejarah-malam-1-suro-tahun-baru-jawa-yang-bersamaan-dengan-muharram/2.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.